Kisah si Cantik Halimah Penunggu Jembatan Seunapet Aceh

Kisah si Cantik Halimah Penunggu Jembatan Seunapet Aceh

burntbridge Nama jembatan Seunapet tak asing lagi bagi para pengguna jalan nasional yang menghubungkan Medan dan Banda Aceh. Bahkan jembatan ini terkenal dengan sosok hantu Halimah yang kerap menampakkan wujudnya.

Kisah Si Cantik Halimah mengisahkan tentang legenda penunggu jembatan Seunapet di Aceh. Konon, jembatan tersebut menjadi tempat penampakan sosok wanita cantik bernama Halimah.

Dia diyakini sebagai roh penjaga jembatan dan seringkali muncul untuk memberikan pertanda kepada orang-orang yang melewati jembatan.

Halimah banyak di ceritakan memiliki kecantikan yang memukau dan suara yang merdu.

Dia biasanya muncul saat senja atau menjelang malam. Warga setempat percaya bahwa jika seseorang bertemu dengan Halimah, itu adalah tanda baik atau buruk tergantung pada reaksi Halimah.

Menurut Kabar yang beredar di masyarakat, hantu Halimah tewas dibunuh usai diperkosa. Lalu jasadnya dibuang di sekitar lembah jurang Seunapet dekat jembatan tersebut.

Konon Halimah mengalami nasib tragis itu pada tahun 1980-an. Dia yang saat itu masih berusia 18 tahun berjalan sendiri hendak pulang. Hingga dia kemudian di culik dan diperkosa.

Lalu untuk membalaskan dendamnya, konon Halimah sengaja menampakkan wujudnya itu.

Kabarnya dia bersama dengan para dedemit lain kini memang menjadi penunggu jembatan itu.

Jalur nasional Medan-Banda Aceh itu memang cukup rawan. Di sisi kanan dan kiri jembatan kembar itu masih terlihat rimbun pepohonan. Belokan tajam dan curam kerap membuat pengguna jalan akhirnya kecelakaan.

Meskipun begitu, cerita ini tetaplah legenda dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Halimah menjadi simbol mistis yang melekat pada jembatan Seunapet dan menjadi bagian dari warisan budaya masyarakat Aceh,(*)

SCATTER KETUPAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *