Inilah Daftar 7 Jembatan Terpanjang di Indonesia

Inilah Daftar 7 Jembatan Terpanjang di Indonesia

burntbridge – Jembatan terpanjang di indonesia adalah jembatan Suramadu yang menghubungkan wilayah pulau Jawa dan Madura. Jembatan terpanjang itu membentang sekitar 5.438 meter.
Jembatan adalah salah satu bentuk infrastruktur yang berguna untuk menghubungkan suatu tempat ketempat lainnya. Pasalnya, suatu tempat tersebut memiliki kondisi geografis maupun non-geografis, sehingga tidak bisa dilewati masyarakat umum secara langsung.

Misalnya karena adanya sungai, selat, laut, perlintasan kereta api, lembah, dan lain-lain. Tidak hanya jembatan Suramadu, Indonesia juga punya beberapa jembatan panjang yang keren lho. Simak daftar jembatan terpanjang di indonesia di bawah ini!

1. Jembatan Suramadu (5.438 m)

Foto: Suki/detikJatim
Dikutip dari e-book bertajuk The Amazing of Indonesia 71 Keajaiban Indonesia yang Wajib Diketahui oleh Sugeng HR, jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan Suramadu dibangun pada 2003, kemudian diresmikan pada tahun 2009.

Dilansir situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) biaya pembuatan jembatan Suramadu yaitu lebih dari Rp4,5 triliun. Jembatan Suramadu memiliki panjang sekitar 5.438 m yang menghubungkan Surabaya di pulau Jawa dan Bangkala di Madura.

ADVERTISEMENT
Secara rinci, berikut merupakan data fisik dari jembatan Suramadu:

Panjang: 5.438 m
Tinggi: 146 m
Lebar: 30 m
Rentang panjang: 434 m
Ada tiga bagian dari jembatan ini, yaitu jembatan penghubung, jalan layang, dan jembatan utama. Tujuan dibuatnya jembatan Suramadu adalah menjadi akses guna mempercepat tingkat pembangunan di Madura beserta wilayah lainnya di Jawa Timur.

2. Jembatan Pasupati (2.800 m)

Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jembatan terpanjang kedua di Indonesia yaitu Jembatan Pasupati yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Pasupati adalah singkatan dari Pasteur Surapati.

Di mana jembatan yang juga menjadi jalan layang ini menghubungkan Jalan Pasteur dan Surapati yang menjadi jalan utama di kota Bandung. Panjang jalan layang Pasupati sekitar 2,8 kilometer, dengan lebar jalan sekitar 30-60 m.

Dalam catatan detikNews, disebutkan bahwa jembatan Pasupati diresmikan pada 12 Juli 2005 lalu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada saat itu.

3. Jembatan Barelang (2.264 m)

Foto: Wahyu Setyo
Jembatan Barelang berada di Batam, Kepulauan Riau Indonesia, tepatnya sekitar 20 meter dari pusat kota. Dalam e-paper situs id.scribd.com yang diunggah oleh Agung Setiyo Prayogo, penamaan jembatan Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang.

Di mana, jembatan ini menghubungkan beberapa pulau, yakni pulau Batam, Tonton, Rempang, Nipah, Dalang dan Galang Baru.Ada juga masyarakat yang menyebut jembatan ini dengan sebutan “Jembatan Habibie”, sebagaimana ia memprakarsai pembangunan jembatan ini.

Tidak hanya itu, jembatan Barelang juga punya nama lain yaitu jembatan Satu dan jembatan Fisabilillah. Jembatan dibangun selama kurang lebih 6 tahun, yakni dari tahun 1992-1998. Biaya pembangunan jembatan Barelang berkisar Rp 400 miliar.

4. Jembatan Merah Putih (1.140 m)

Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jembatan Merah Putih juga masuk dalam daftar jembatan terpanjang di Indonesia. Total panjang jembatan Merah Putih adalah 1.140 meter.

Jembatan ini terbagi ke dalam tiga bagian yakni:

Jembatan utama sepanjang 300 m
Jembatan pendekat sepanjang 520 m (di sisi Utara)
Jembatan pendekat sepanjang 320 m (di sisi Selatan)
Kehadiran jembatan Merah Putih ini difungsikan untuk mempercepat waktu tempuh perjalanan antara Bandara Pattimura, di Maluku Tengah dengan pusat kota Ambon di Jazirah Leitimur di Selatan. Dalam situs simantu.pu.go.id, disebutkan bahwa jembatan Merah Putih ini dibangun dengan biaya senilai Rp 779,2 miliar menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

5. Jembatan Siak Sri Indrapura (1.196 m)
Jembatan Siak Sri Indrapura memiliki panjang total 1.196 meter yang berada di Siak, Provinsi Riau. Diketahui, jembatan ini terdiri atas dua unit pylon di sisi Utara dan Selatan.

Panjang panjang utama: sekitar 388 m
Panjang sisi utara approach span dan selatan: masing-masing 204 meter.
Lebar bentang: 16.95 m ditambah dua sisi trotoar 2,25 m
Tinggi: 73,1 m
Dalam repository.bunghatta.ac.id karya Yuhdini Alfath, jembatan ini mengubungkan kecamatan Siak (sisi Utara ) dan kecamatan Mempura (sisi Selatan). Salah satu tujuan pembangunan jembatan yaitu untuk memperlancar transportasi wilayah Siak ke daerah sekitarnya.

6. Jembatan Ampera ( 1.177 m)

Foto: Prima Syahbana
Jembatan Ampera termasuk sebagai jembatan terpanjang di Indonesia selanjutnya. Jembatan Ampera memiliki panjang 1.777 m, yang berdiri di atas sungai musi di Palembang.

Dijelaskan dalam e-paper situs academia.edu yang diunggah Fenni Lubis, pembangunan jembatan Ampera dimulai sejak tahun 1962. Awalnya, jembatan Ampera dinamai dengan jembatan Bung Karno.

Pada tahun 1981, jembatan ini pernah direnovasi. Secara historis, jembatan ini sudah mengalami 3 kali mengalami perubahan warna, mulai dari abu-abu, kuning dan merah. Di mana warna merah yang sampai sekarang menjadi warna jembatan ini pertama kali diganti pada 2002 lalu.

7. Jembatan Kutai Kartanegara (710 m)
Jembatan Kutai Kartanegara memiliki total panjang 710 m, yang juga merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan ini merupakan akses penghubung kota Tenggarong menuju kota Samarinda.

Jembatan ini dibangun pada 1995 hingga 2001, yang berdiri melintasi sungai Mahakam. Pembangunan jembatan Kutai Kartanegara menggelontorkan biaya sekitar Rp300 miliar.

Itu tadi penjelasan dari daftar jembatan terpanjang di Indonesia. Nah, detikers sekarang jadi tahu bukan, bahwa provinsi yang mempunyai jembatan terpanjang adalah Jawa Timur, tepatnya di wilayah Surabaya. Semoga informasi tadi bisa menambah pengetahuan kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *