Jembatan Populer di Indonesia

Jembatan Populer di Indonesia

1. Jembatan Suramadu

burntbridge – Memiliki panjang mencapai 5.438 meter, jembatan megah yang terbentang di Selat Madura, menghubungkan jembatan Surabaya dan Madura ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini! Pembangunan Jembatan Suramadu yang diresmikan pada 2009 ini diharapkan bisa mempercepat pembangunan ekonomi di Pulau Madura.

2. Jembatan Pasupati

Untuk kamu yang pernah melakukan perjalanan ke Bandung menggunakan mobil, jembatan satu ini pasti sudah tak asing lagi. Membentang lebih dari 2 km panjangnya, jembatan ikonik di Indonesia ini menghubungkan antara Jalan Pasteur dan Jalan Suropati sehingga nama kedua jalan ini kemudian digabungkan menjadi Pasupati.

3. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Menghubungkan kabupaten Siak dan jalan lintas Pekanbaru, Jembatan ikonik di Indonesia selanjutnya ini memiliki nama resmi Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah namun lebih populer dengan nama Jembatan Siak.

Sejak diresmikan pada 2007, salah satu jembatan terpopuler di Indonesia ini menjadi ikon dan landmark dari kabupaten Siak.

4. Jembatan Tayan

Membentang di atas sungai Kapuas, jembatan ikonik di Indonesia selanjutnya ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia setelah Jembatan Suramadu. Menghubungkan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat, jembatan di Indonesia yang megah ini juga merupakan bagian dari Jalan Trans Kalimantan.

5. Jembatan Merah Putih

Bicara soal jembatan paling panjang di Indonesia, di wilayah timur Indonesia terdapat Jembatan Merah Putih yang membentang di atas perairan Teluk Ambon.

Menghubungkan antara Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau pada sisi utara, dan Desa Hative Kecil/Galala di Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan, Jembatan Merah Putih menjadi jembatan kabel pancang yang sangat ikonik di kota Ambon.

6. Jembatan Ampera

Tak cuma terkenal akan kuliner pempek-nya, Palembang juga dikenal dengan Jembatan Ampera-nya yang sangat ikonik. Menjadi salah satu landmark populer di Palembang, jembatan ini membentang di atas Sungai Musi dan mengubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir di Kota Palembang.

7. Jembatan Barito

Jembatan di Indonesia yang terkenal dan ikonik selanjutnya bisa kamu temui di Kabupaten Barito Kuala. Membentang di atas sungai Barito, jembatan ini menghubungkan antara Kecamatan Anjir Muara dan Kecamatan Alalak di Kalimantan Selatan.

Keunikan lainnya dari jembatan ikonik di Indonesia satu ini adalah keberadaan pulau di tengah-tengahnya yang bernama Pulau Bakut. Jembatan Barito juga tercatat sebagai jembatan gantung terpanjang yang ada di Indonesia, lho!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *