Melihat Beipanjiang, Jembatan Tertinggi di Dunia Berbentuk U

burntbridge – Membentang di atas lembah berbentuk u di wilayah baratdaya China, Jembatan Beipanjiang yang menghubungkan Provinsi Yunann dengan Guizhou dinyatakan sebagai jembatan tertinggi di dunia oleh Rekor Dunia Guinness.

Jembatan Beipanjiang memiliki tinggi tiang rata-rata 565,4 meter dari permukaan air. Meski menjadi jembatan tertinggi di dunia, rentang jembatan menjadi yang terpanjang kedua di dunia. Jembatan Beipanjiang yang memiliki panjang 1.341,4 meter itu ditopang oleh kabel baja dengan maksimum jarak rentang 720 meter, menurut media lokal Guizhou.
Jembatan Beipanjiang memiliki tinggi yang hampir sama dengan gedung 200 lantai. Merupakan satu dari tiga jembatan di sektor Bijie-Duge, ruas jalur bebas hambatan Hangzhou-Ruili. Jalur tol itu menghubungkan kota di wilayah timur seperti Provinsi Zhejiang dan Provinsi Jiangxi, hingga selatan dan baratdaya seperti Provinsi Hunan, Provinsi Guizhou dan Provinsi Yunnan.
Jembatan Beipanjang dibangun di atas lembah curam dengan keadaan alam rumit sejak 10 September 2016 hingga 29 Desember 2016. Pihak pengembang mengatakan jika pembangunan jembatan membutuhkan teknologi baru dengan metoda tertentu. Dalam proses pembangunan, konstruksi yang dibuat pengembang berhasil memenuhi standar riset Kementerian Perhubungan China.
Selain itu, pengembang meraih berbagai penghargaan atas rancangan bangunannya tersebut. Termasuk empat hak paten teknologi baru dunia, empat paten model utilitas baru, medali emas dari Gustav Lindenthal, nobel jembatan, dan penghargaan ilmu pengetahuan dan teknologi tingkat tinggi dari Masyarakat Transportasi dan Jalan Raya China (CHTS).
Jembatan Beipanjang tidak jauh dari Liupanshui, kota kecil di Provinsi Guizhou yang berbatasan dengan Provinsi Yunnan. Kota tempat forum bisnis China-ASEAN setiap tahun. [DF]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *