Jembatan John Frost

Jembatan John Frost

burntbridge¬†– Jembatan John Frost, juga dikenal sebagai “Jembatan ke Arnhem”, adalah sebuah jembatan terkenal yang terletak di Arnhem, Belanda. Ia mendapat pengakuan internasional karena perannya dalam Pertempuran Arnhem pada Perang Dunia II, yang merupakan bagian dari Operation Market Garden SHIOWLA.

Dibangun antara tahun 1933 dan 1935, jembatan ini awalnya berfungsi sebagai jembatan jalan raya dan kereta api di atas Sungai Rhine Hilir, menghubungkan bagian utara dan selatan Arnhem. Nama jembatan ini diambil dari nama Mayor Jenderal John Dutton Frost, yang memimpin pasukan Inggris yang berusaha merebut dan mempertahankan jembatan tersebut selama Pertempuran Arnhem pada bulan September 1944.

Selama Operasi Market Garden, pasukan Sekutu, terutama pasukan lintas udara Inggris dan Polandia, melancarkan serangan lintas udara yang berani untuk merebut beberapa jembatan utama di Belanda, termasuk Jembatan John Frost, dengan tujuan akhir mengamankan rute ke Jerman dan mengakhiri perang. menjelang Natal 1944. Namun, operasi tersebut menghadapi perlawanan sengit dari Jerman, dan pasukan terjun payung Inggris tidak dapat bertahan lama di jembatan melawan pasukan musuh yang jumlahnya sangat banyak EREK EREK 2D.

Pertempuran Arnhem, yang terkenal digambarkan dalam buku dan film “A Bridge Too Far”, berakhir dengan kekalahan Sekutu. Jembatan itu sendiri mengalami kerusakan parah selama pertempuran dan kemudian dibangun kembali setelah perang.

Saat ini, Jembatan John Frost berdiri sebagai simbol keberanian dan pengorbanan para prajurit yang bertempur di sana. Ini juga merupakan landmark terkenal di Arnhem dan pengingat sejarah masa perang kota ini. Jembatan ini berfungsi sebagai jalan raya dan jembatan penyeberangan, menghubungkan pusat kota dengan distrik selatan Arnhem di seberang Sungai Rhine SHIOWLA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *