Ngeri-ngeri Sedap, Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia Ini Bisa Goyang

burntbridge – Shijiazhuang – China baru saja membuka jembatan kaca terpanjang di dunia pada akhir Desember 2017 lalu. Namun bukan hanya terpanjang, jembatan itu juga bisa goyang. Ngeri!

Tepat pada 24 Desember 2017 atau hanya sehari menjelang Hari Raya Natal, China meresmikan Jembatan Kaca Hongyagu di Provinsi Hebei. Panjangnya pun diklaim sebagai yang terpanjang di dunia.

Dilansir detikTravel dari CNN, Selasa (9/1/2018), Jembatan Kaca Hongyagu memiliki panjang 488 meter dan tinggi 218 meter. Angka tersebut mengalahkan jembatan jaca terpanjang Zhangjiajie yang memiliki panjang 430. Hanya saja, Jembatan Kaca Zhangjiajie masih lebih tinggi.

Seperti jembatan kaca pada umumnya, Jembatan Kaca Hongyagu juga menawarkan sensasi menegangkan bagi traveler yang berjalan di atasnya. Bayangkan saja, traveler bisa melihat dasar lembah apabila melongok ke bawah kaki.

Secara teknis, jembatan kaca tersebut memiliki lebar empat meter dan terbuat dari 1.077 panel kaca setebal 4 cm. Jembatannya sendiri ada di antara dua tebing curam.

Namun tidak hanya itu, Jembatan Kaca Hongyagu bisa dibilang lebih memacu adrenalin. Soalnya, jembatan kaca itu ditahan oleh sejumlah tali elastis yang bisa bergoyang seiring dengan langkah kaki pengunjung yang berjalan di atasnya.
Secara kapasitas, Jembatan Kaca Hongyagu dapat mengakomodasi hingga 2.000 orang. Namun, hanya 500 hingga 600 pengunjung saja yang diperbolehkan berjalan di atas jembatan pada waktu bersamaan. Terdapat juga petugas yang berjaga di sekitar untuk membantu pengunjung.

Demi keamanan, pengunjung juga diminta untuk memakai sarung sepatu khusus yang berfungsi menjaga permukaan kaca. Hal itu pun dilakukan untuk menghindari kejadian retaknya jembatan kaca seperti dahulu di Zhangjiajie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *